25 November 2009

Pembagian Gaya Kognitif

Pembagian Gaya Kognitif

Ada dua gaya kognitif secara psikologis yang secara khusus penting dalam pendidikan, yaitu gaya kognitif “field-independent” dan gaya kognitif “field-dependent”. Witkin dalam Elkind dan Weiner (1978: 214) mengatakan bahwa: “orang mempunyai gaya kognitif ‘field-independent’ merespon sutu tugas cenderung berdasarkan atau berpatokan pada syarat-syarat dari dalam diri sendiri. Sedangkan orang memliki gaya kognitif ‘field-dependent’ melihat syarat lingkungan sebagai petunjuk dalam peespon suatu stimulus” lebih lanjut Witkin dalam Thomas (1990: 612), Ricard H. Coop, Kinnard White (1974: 257) mengatakan bahwa: “orang memiliki gaya kognitif ‘field-independent’ lebih bersifat kritis, mereka dapat memiliki stimulus berdasarkan situasi, sehingga persepsinya hanya sebagian kecil terpengaruh ketika ada perubahan situasi. Sedangkan orang yang memiliki gaya kognitif ‘field-dependent’ mengalami kesulitan dalam membedakan stimulus melalui situasi yang dimiliki sehingga persepsinya mudah dipengaruhi oleh manipulasi dari situsi sekelilingnya”. Pendapat serupa yang dikemukakan oleh Witkin, Moore and Goodenough (Ardana, 2002) mengatakan bahwa: “orang yang memiliki gaya kognitif ‘field-independent’ lebih suka memisahkan bagian-bagian dari sejumlah pola dan menganalisis pola berdasarkan komponen-komponennya. Sedangkan orang yang memiliki gaya kognitif ‘field-dependent’ cenderung memandang suatu pola sebagai keseluruhan tidak memisahkan ke dalam bagian-bagiannya.

Berdasarkan pendapat diatas, dapat dikatakan bahwa orang yang memiliki gaya kognitif ‘field-independent’ mempunyai kecenderungan dalam merespon stimulus menggunakan persepsi yang dimilikinya sendiri, lebih analitis, dan mengalisis pola berdasarkan komponen-komponennya. Sedangkan orang yang memiliki gaya kognitif ‘field-dependent’ mempunyai kecenderungan dalam merespon suatu stimulus menggunakan syarat lingkungan sebagai dasar dalam persepsinya, dan kecenderungan memandang suatu pola sebagai keseluruhan, tidak memisahkan bagian-bagiannya.

0 komentar:

Posting Komentar