Jenis Media Pembelajaran Matematika
Jenis-jenis media pembelajaran Matematika antara lain adalah sebagai berikut : (1) mainan anak-anak, (2) papan flannel, (3) batang berwarna, (4) model kerangka geometri, (5) permainan domino.
Media mainan anak-anak digunakan untuk menanamkan pengertian tentang bilangan, himpunan, anggota himpunan, arti lebih besar/kecil dan sama, dan lain-lain. Agar anak-anak tidak bosan, media itu harus dikeluarkan apabila akan dipakai saja. Perlu diusahakan agar media itu tidak dibawa/dimiliki di rumahnya. Bagi sekolah-sekolah yang sangat jauh dari kota dapat menggunakan benda-benda mudah diperoleh, misalnya batu kerikil, lidi, kacang-kacangan, dan lain-lain. Untuk batas suatu himpunan dipergunakan tali-temali, misalnya tali batang pisang, tali dari bambu, tali dari pepohonan (menjalar) dan lain-lain.
Media papan flannel digunakan agar apa yang diterangkan dapat dilihat oleh banyak anak dan agar tidak merepotkan guru dan siswa. Papan flanel ini terdiri dari sebuah papan datar yang ditutupi dengan kain flannel. Bagian belakang benda-benda yang akan diletakkan itu ditempeli dengan ampelas yang menghadap keluar. Media yang menggunakan papan flannel ini umumnya dibuat dari benda-benda ringan dan bentuknya datar/gepeng, bahannya dari kertas, karton, triplek. Media ini dapat mengangkat topik-topik himpunan, pecahan, perkalian, dan penjumlahan.
Media batang berwarna biasanya disebut juga dengan batang-batang cuiseaire (cuisenaire rods). Batang cuisenaire ini diciptakan George Cuisenaire. (Endang Setyo Winarni, 1994:41) Alat ini sangat bermanfaat untuk menerangkan konsep bilangan, pengerjaan-pengerjaan hitung serta sifat-sifatnya. Di samping itu anak-anak akan lebih tertarik untuk belajar, sebab batang-batang itu berwarna. Mereka dapat menggunakan imaginasinya untuk membuat bermacam-macam model dari batang-batang tersebut, misalnya rumah-rumahan, binatang-binatangan, pohon-pohonan dan sebagainya. Batang-batang berwarna ini terdiri dari 10 macam batang berwarna.
Model kerangka bangun geometri dapat berupa kubus, balok, limas segi empat beraturan, bidang empat beraturan, prisma segi tiga beraturan dan lain-lain. Kegunaan media model kerangka bangun geometri ini yaitu untuk memahami sifat-sifat bangun ruang dan untuk menanamkan pemahaman tentang hubungan unsur-unsur bangun ruang.
Media permainan domino dapat dimanfaatkan untuk mendesain permainan Matematika dalam rangka meningkatkan keterampilan dasar Matematika, misalnya untuk latihan operasi hitung, hubungan antara pecahan yang senilai, bangun-bangun geometri dengan banyak sumbu yang dimiliki, dan lain-lain. Contohnya, permainan domino operasi penjumlahan dan pengurangan dua bilangan bulat.
Media pembelajaran Matematika Papan Berpaku berfungsi sebagai alat Bantu dalam pembelajaran konsep pengenalan bangun datar, pengenalan keliling, pengenalan luas, simetri, koordinat dan lain-lain pada bangun datar. Pembahasan secara terperinci dapat diuraikan pada sub bab berikut ini.
0 komentar:
Posting Komentar