Pengertian Pembelajaran Kontekstual (CTL)
Pola pembelajaran kontekstual sangatlah dengan pembelajaran konvensional yang selama ini kita kenal sebagaimana tergambar dalam tabel ini.
Konvensional | Kontekstual |
· Siswa adalah penerima informasi secara pasif | · Siswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran. |
· Menyandarkan kepada hapalan | · Menyandarkan kepada memori spasial |
· Prilaku dibangun atas kebiasaan | · Prilaku dibangun atas kesadaran diri |
· Keterampilan dikembangkankan atas dasar latihan | · Keterampilan dikembangkan atas dasar pemahaman |
· Bahasa diajarkan dengan pendekatan structural , rumus diterapkan sampai paham, kemudian dilatihkan. | · Bahasa diajarkan dengan pendekatan komutatif, yakni siswa diajak menggunakan bahasa dalam konteks nyata |
· Guru adalah penentu jalannya proses pembelajaran. | · Siswa diminta bertanggungjawab memonitor dan mengembangkan pembelajaran mereka masing-masing. |
· Pemilihan informasi ditentukan oleh guru. | · Pemilihan informasi berdasarkan kebutuhan individu siswa |
· Cenderung terfokus pada satu bidang (disiplin) tertentu. | · Cenderung mengitegrasikan beberapa bidang (disiplin ilmu) |
· Memberikan tumpukan informasi kepada siswa sampai pada saatnya diperlukan | · Selalu mengaitkan informasi dengan pengetahuan awal yang telah dimiliki siswa |
· Penilaian hasil belajar hanya melalui kegiatan akademik berupa ujian/ulangan | · Menerapkan penilaian penerapan praktis dalam pemecahan masalah, proses bekerja, hasil karya, penampilan, rekaman, tes, dll. |
Pembelajaran kontekstual merupakan konsep yang didukung oleh berbagai penelitian actual di dalam ilmu kognitif (cognitive science) dan teori-teori tentang tingkah laku (behavior theories).
1 komentar:
Caesars Palace Hotel & Casino - MapYRO
Find the best prices on Harrah's Palace Hotel & Casino in Las 사천 출장안마 Vegas 공주 출장마사지 (MapYRO). View real-time driving 과천 출장마사지 directions to places to stay 평택 출장샵 and 오산 출장마사지 book
Posting Komentar