Konsep Belajar Tuntas dalam Kaitannya dengan Paket Belajar
Model Suatu Pelajaran (MSP) adalah bersumber pada PPSI. Pada pengajaran dengan paket belajar berarti mengubah MSP agar peranan guru dan siswa dapat aktif dan menguasai pelajaran dengan baik.
Oleh karena itu, kalau kita hendak menerapkan prinsip belajar mengajar dari guru aktif menjadi siswa yang aktif. Untuk maksud itu MSP dimodifikasikan menjadi Paket Belajar agar siswa dapat belajar secara aktif dengan menggunakan buku paket/buku yang ditunjuk.
Ciri-ciri pengajaran dengan paket belajar adalah:
1) Merupakan paket pengajaran yang memungkinkan siswa belajar sendiri (self-instructional package) dengan alat bantu paket.
2) Mengakui dan menghargai perbedaan individual (concern for individual differences).
3) Memuat rumusan tujuan pengajaran spesifik (statement of objectives).
4) Terdapat asosiasi, struktur dan sekuensi pengetahuan secara sistematik (association, structure, and sequence of knowledge)
5) Memungkinkan penggunaan multimedia (utilization of variety of media)
6) Terjadi partisipasi aktif dari siswa (active participation of learner)
7) Terjadi penguatan (reinforcement) pada diri siswa dalam belajar (immediate reinforcement of responses)
8) Terdapat evaluasi secara langsung dan kontinu terhadap hasil belajar siswa dengan penekanan pada “belajar tuntas” (mastery evaluation strategy)
9) Pelaksanaannya dikelas dapat menggunakan multi metode.
10) Memberikan alternative kegiatan yang dapat dipilih.
11) Teknis penyampaian materi non self contained hanya berupa petunjuk-petunjuk untuk mempelajari buku paket.
Paket belajar mempunyai karakteristik:
a. Mendukung tercapainya tujuan/kompetensi tertentu.
b. Merupakan suatu perangkat sesuai dengan luas bahan yang digarap.
c. Menyediakan alternatif-alternatif kegiatan/bahan yang dapat dipilih sesuai dengan minat dan komponennya.
0 komentar:
Posting Komentar