MODEL PEMBELAJARAN
a. Pengertian
Konsep model pembelajaran lahir dan berkembang dari pakar psikologi dengan pendekatan dalam setting eksperimen yang dilakukan. Konsep model pembelajaran untuk pertama kalinya dikembangkan oleh Bruce dan koleganya (Joyce, Weil dan Showers,1992). Menurut Supriyono Koes H (2003), model pembelajaran adalah sebuah rencana atau pola yang mengorganisasikan pembelajaran dalam kelas dan menunjukkan penggunaan materi pembelajaran. odel pembelajaran merupakan suatu konsepsi untuk mengajar suatu materi dalam mencapai tujuan tertentu. Model pembelajaran mencakup strategi, pendekatan, metode dan teknik. Contoh model pembelajaran matematika adalah model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran kontekstual, model pembelajaran berbasis masalah, model pembelajaran langsung, model pembelajaran konstruktivisme, model pembelajaran Matematika realistik dan lain-lain
b. Perbedaan Antara Model, Pendekatan, Strategi, Metode dan Teknik pada pembelajaran
Kita sering bingung dengan Metode, Model, Strategi dan Pendekatan Pembelajaran. Perbedaan mereka Apa sih? Berikut saya sedikit uraikan perbedaan mereka:
- Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu.
- strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
- metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran
- teknik pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.
Model pembelajaran berbeda dengan strategi, metode dan pendekatan pembelajaran. Model pembelajaran merupakan kesatuan dari metode, strategi dan langkah-langkah pembelajaran. Salah satu ciri khusus model pembelajaran yang tidak dimiliki oleh strategi atau prosedur tertentu yaitu tingkah laku mengajar (sintaks) yang menggambarkan pola kegiatan guru dan siswa dalam berinteraksi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Lebih lanjut Ismail (2003) dalam (Widdiharto, Rachmadi, 2004) menyebutkan bahwa istilah model pembelajaran mempunyai empat ciri khusus yang tidak dipunyai oleh strategi atau metode tertentu yaitu :
- rasional teoritik yang logis yang disusun oleh penciptanya
- tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
- tingkah laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut berhasil (syntaks)
- lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Salah satu yang membedakan model pembelajaran yang satu dengan yang lain adalah tingkah laku mengajar (syntaks) yang digunakan oleh masing-masing model pembelajaran. Syntaks inilah yang menjadi ciri khas dari suatu model pembelajaran. Masing-masing model pembelajaran memiliki syntaks yang berbeda-beda meskipun memiliki tujuan pembelajaran yang sama.
0 komentar:
Posting Komentar